Saturday, February 9, 2013

Cara Menuntaskan Kulit Kepala Gatal

Kulit kepala yang gatal pasti akan membuat Anda merasa terganggu. Yang membingungkan, kadang rasa gatal itu tak mau hilang walau Anda sudah keramas dengan bersih. Lalu harus bagaimana?

Cari penyebabnya
Alasan paling umum adalah kulit kepala yang kotor dan kemudian menimbulkan ketombe. Jika ini masalahnya, Anda tinggal menemukan shampo antiketombe yang cocok kemudian menggunakannya, hingga ketombe menghilang.

Jika shampo tak bisa mengatasi, mungkin masalahnya adalah hormon di tubuh. Jessica Wu, dokter spesialis kulit dari California mengungkapkan bahwa perubahan kimia di tubuh juga dapat menimbulkan gangguan di kulit terutama kulit kepala. Ketombe yang ada karena perubahan kimia di tubuh ini adalah sel kulit mati yang tiba-tiba bertambah jumlahnya.

Selain perubahan kimia, kebiasaan mengeringkan rambut dengan pengering juga bisa menjadi penyebab kulit kepala gatal. Mengeringkan rambut bisa menyebabkan kulit kepala kering. Kulit kepala yang terlalu kering kemudian menimbulkan rasa gatal. 

Penyebab lain adalah alergi produk perawatan rambut. Jika rasa gatal itu muncul di saat Anda mengganti atau mencoba produk perawatan yang baru, maka kemungkinan besar itulah penyebabnya.

Cara mengatasinya
Dalam skala yang belum berbahaya, kulit kepala gatal bisa diatasi dengan shampo yang mengandung selenium, zinc, atau teatree oil. Ketiganya biasanya ada di dalam kandungan shampo antiketombe. Jika gatal tak juga hilang, ada baiknya untuk meminta resep shampo antijamur pada dokter kulit Anda.

Untuk kulit kepala yang gatal karena kering, tentu shampo yang paling tepat adalah shampo yang mengandung pelembap ekstra. Shampo ini juga bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Selain itu melakukan perawatan seperti creambath atau masker rambut secara rutin juga bisa membantu.

Hubungi dokter
Jika gatal tak mau juga hilang, kemudian timbul ruam atau kemerahan di kulit kepala, ketombe semakin tebal, seperti kerak, dan diikuti dengan kerontokkan yang parah, ini adalah sinyal berbahaya. Bisa jadi Anda mengalami kondisi yang lebih serius. Salah satu kemungkinannya adalah Anda mengalami psoriasis, yaitu keadaan antibodi yang kronis. Gejala awalnya biasanya timbul gangguan pada kulit. 

Segera konsultasikan pada dokter kulit jika mengalami gejala ini. Sebaiknya gangguan gatal cepat diatasi agar tak menimbulkan efek lainnya. Kebiasaan menggaruk kepala yang gatal bisa berisiko menimbulkan kerontokan karena gesekan yang bisa membuat rambut rapuh. 

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...